MODIFIKASI KASIR TUGAS 3 DAN PUZZLE





dan akan saya modifikasi menjadi seperti ini :
dengan ketentuan sebagai berikut : 






  1. Saat form dijalankan : semua isia tiadak aktif, tombol isi data dan tutup aktif, tombol clear tidak aktif
  2. Saat ditekan tombol isi data : kode barang, jumlah barang, cara beli, tombol clear dan tutup aktif, tombol isi data tidak aktif
  3. saat di tekan tombol clear sama dengan saat form dijalankan
       Oke langsung ke cara pembuatannya:
  1. tambahkan tombol baru yaitu tombol isi data pada form
  2. pada combo kode barang, textbox jumlah barang, radio tunai & kredit, dan tombol clear beri atribut tag "grup1" pada properties
  3. lalu pada textbox nama barang, harga barang, total harga, diskon, total bayar beri atribut tag "grup2" pada properties
  4. dan atribut tag "grup3" untuk tombol isi data
  5. dobel klik pada form untuk masuk ke sub form_load dan masukkan kode agar saat dijalankan form kontrol dengan atribut tag grup1 dan grup2 tidak aktif, berikut coding beserta penjelasannya: 
 
 
6. dobel klik tombol isi data untuk memasukkan kode agar saat di klik kontrol dengan atribut tag "grup1" yang terdiri dari kode barang, jumlah barang dan cara beli aktif. Berikut kode dan penjelasannya: 
 
 
7. kembali ke form desain lalu dobel klik tombol isi data dan masukkan kode agar saat di klik keadaan kembali seperti saat form pertama di jalankan, berikut coding dan penjelasan:




  1. Run Program
        Oke sekian penjelasan modifikasi program kasir yang saya buat, sekarang lanjut keprogram ke dua yaitu PUZZLE












                              PUZZLE

   Kali ini kita akan membuat puzzle angka dan sat program di jalankan akan tampil sebagai berikut :





Untuk model tampilannya saya sengaja meniru dosen saya yaitu menggunakan listBox untuk menampung angka yang akan di acak, selain itu menggunakan listbox juga akan mempersingkat coding yang akan kita tulis. puzzle tersebut memiliki beberapa ketentuan sebagai berikut :

  1. Saat Form di jalankan posisi Angka acak
  2. Saat di tekan tombol yang terletak di dekat tombol kosong, maka tombol tersebut akan menempati tombol kosong, begitu seterusnya sampai angkanya tersusun dari 1-8
  3. Saat semu angka tersusun tampilkan pesan "Selamat Anda Berhasil"
       Di sini untuk ketentuan pertama saya abaikan karena saya memberi tombol acak untuk mengacak angka sebelum memulai permainan sehingga saat form di jalankan keadaan angka masih terurut, Berikut cara pembuatannya :

  1. Buat form dengan tampilan seperti di atas, dan beri nama tombol acak dengan btacak, tombol keluar dengan btkeluar dan tombol sisanya yaitu untuk 1 sampai 9 beri nama bt1- bt9
  2. beri atribut tag "1" pada semua tombol puzzle
  3. untuk mempersingkat coding kita buat modul, dengan cara klik kanan pada project - add - Module - OK
  4. pada module kita akan mengetikan method untuk menukar tombol yang memiliki isi dengan tombol kosong, berikut coding dan penjelasan :

 



5. kemudian kita juga akan membuat method untuk mengecek apakah semua tombol sudah pada tempatnya, jika sudah akan di tampilkan pesan " Selamat, Anda Berhasil", berikut coding dan penjelasannya :
6. kembali ke form1 design lalu doble klik pada form untuk masuk ke sub form_load. pada sub ini kita akan memberi perintah untuk mengisi listBox, dan buat juga variabel dengan tipe boolean pada class form1 yang akan kita gunakan untuk mengacak angka nanti. pada form load beri perintah sebagai berikut :



7. untuk tombol angka 1-8 & tombol kosong alias bt1-bt9 kita masukkan method tukar() dan menang() yang sudah kita buat pada module: seperti berikut :  



8 untuk mengacak angka kita memerlukan kotrol form berupa timer, pada form design doble klik timer pada toolbox maka akan muncul timer pada bagian bawah. Timer merupakan kontrol form yang tidak di tampilkan saat program di jalankan alias background
.
9. kita akan mengisi timer dengan perintah untuk mengacak isi ListBox lalu isi ListBox akan ditampilkan pada kotak puzzle, untuk setiap kotak puzzle berisi satu item yang ada pada listBox sesuai urutan dari atas. Berikut coding dan penjelasannya :




10.untuk mengacak angka kita beri perintah pada tombol acak unutk menjalankan timer seperti berikut :  



11.Dan terakhir untuk tombol keluar kita beri perintah untuk menampilkan kotak konfirmasi apakah ingin keluar atau tidak seperti ini :







  1. Jalankan Program
       Yup.. begitulah sekiranya cara pembuatan puzzle dengan vb, dan berhubung ane dah ngantuk dan tangan dah bentol2 semua di keroyok nyamuk, sekian dulu oke, kurang lebihnya mohon maaf xlo ada salah pengetikan..heheheh

Wassalammu'alaikum Wr.Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang blog

Blog ini saya buat pertama karena iseng2 dan keingin tahuan.Lalu saya kembangkan untuk menjadi catatan pribadi tapi akhirnya saya tertarik untuk mempublikasikan blog ini,Dan ini lah hasilnya...!!